Beranda » Entrepreneur » 5 Tips Terbaik Strategi Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan

tips strategi promosi

Terkadang kamu fokus dalam membuat produk yang berkualitas namun tidak memikirkan strategi yang akan digunakan untuk memasarkan produk tersebut. Padahal selain produk yang berkualitas, hal terpenting lainnya yaitu memasarkan produk secara maksimal agar produk dapat terjual sesuai keinginan dan mendapatkan profit maksimal.

Bukan sekedar menjual, namun kamu dapat membangun ikatan dan kedekatan dengan pelanggan. Sehingga kamu dapat mempertahankan pelanggan agar tetap loyal membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan walaupun banyak pesaing lainnya yang mungkin lebih bagus.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan kamu.

  1. Menggunakan Media Sosial

Banyak channel media sosial yang dapat kamu gunakan seperti facebook, instagram, dan lainnya. Ajak pelanggan kamu untuk berinteraksi, layani dan jawablah pertanyaan calon konsumen dengan ramah. Pahami produk atau jasa yang kamu tawarkan serta keuntungan yang dapat diperoleh oleh konsumen apabila menggunakan produk atau jasa kamu.

  1. Buat sample gratis

Konsumen pasti menyukai hal-hal yang diberikan secara cuma-cuma. Bagi kamu yang baru akan memasarkan produk baru mungkin akan sulit mengetahui apakah akan laku terjual atau disukai konsumen. Dengan memberikan secara gratis, kamu dapat menanyakan kepada konsumen secara langsung apakah mereka menyukainya dan mintalah masukan untuk menjadikan produk kamu lebih bagus lagi. Sehingga kamu tidak ragu untuk melakukan produksi secara besar-besaran karena sudah mengetahui keinginan konsumen kamu.

Cara yang lainnya yaitu dengan membeli sesuatu yang berhubungan dengan produk atau jasa yang kamu jual, lalu diberikan secara gratis kepada konsumen yang membeli produk kamu. Misalkan harga produk kamu 50.000, kamu dapat menjualnya 60.000 disertakan pemberian barang lainnya secara gratis.

  1. Adakan kuis atau lomba

Berikan pertanyaan yang berhubungan dengan produk kamu, bagi yang mampu menjawab dengan tepat dan paling cepat akan memperoleh hadiah menarik. Atau apabila kuis masih kurang menarik minat konsumen, ajak konsumen untuk tag, share, atau memfollow akun media sosial kamu. Biasanya hal ini efektif dan sebagai imbalannya akan memperoleh produk secara gratis atau potongan harga.

  1. Daftar akun untuk dapatkan voucher

Kamu yang serius mempromosikan bisnis atau produk jualan, pastinya memiliki website resmi yang mampu diakses secara online. Buatlah pengunjung untuk mendaftar kontak berupa nama dan email, lalu berikan reward berupa voucher. Tujuan kontak berupa email tersebut yaitu kamu dapat follow up kembali konsumen kamu dengan mengirimkan penawaran terbaru, promo, dan produk terbaru melalui email.

  1. Selain promosi online, lakukan promosi offline

Bagi kamu yang memiliki tempat berjualan atau toko, lakukan hal lainnya yang dapat menyentuh calon konsumen secara langsung. Selain memberikan diskon, kamu dapat membagikan flyer, brosur, atau hal lainnya yang mampu menarik minat calon konsumen kamu. Yakinkan konsumen bahwa kamu bukan toko fiktif yang bersifat penipuan dan sebagainya.

Ayo sebar manfaat artikel ini dengan SHARE:

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.