Beranda » Entrepreneur » 5 Cara Memaksimalkan Produktivitas di Akhir Pekan

tips produktif maksimal

Rutinitas selama lima hari membuat kamu lelah dan sangat menunggu akhir pekan. Hari dimana kamu tidak perlu bersiap lebih awal, menerjang hujan panas, belum lagi saat berangkat menggunakan kendaraan pribadi macet, atau naik kendaraan umum. Dua hari yang begitu berharga bagi kamu untuk bebas melakukan hal yang menarik sesuai keinginan.

Namun sayangnya, tidak semua orang memanfaatkan akhir pekan dengan kegiatan yang bermanfaat malah terkesan melewatinya begitu saja. Mungkin kamu juga merasakan hal demikian. Semua orang berhak atas dua hari penuh menjalankan kegiatan apapun untuk mempersiapkan rutinitas pekan depan.

Bila kamu mulai berpikir untuk lebih produktif di akhir pekan, lakukan hal berikut ini.

Bedakan akhir pekan dengan hari lainnya

Ada yang beranggapan bahwa akhir pekan adalah perpanjangan dari rutinitas senin sampai jumat. Sehingga kegiatan atau pekerjaan yang belum diselesaikan pada senin sampai jumat dikerjakan di akhir pekan.

Anggapan ini tidak sepenuhnya salah. Tetapi bila kamu mampu membedakan senin-jumat dan akhir pekan, kamu akan berusaha memaksimalkan waktu senin-jumat untuk menyelesaikan semua pekerjaan.

Mulailah untuk mencatat tiga daftar pekerjaan penting yang kamu kerjakan pada pagi hari. Sehingga kamu tidak akan terpaku pada satu pekerjaan saja sepanjang hari. Jadi kamu bisa terbebas dari pikiran pekerjaan sewaktu akhir pekan.

Buat daftar pekerjaan dan selesaikan sebelum akhir pekan

Catat semua daftar pekerjaan yang akan kamu lakukan. Buat prioritas pekerjaan dan selesaikan bila harus diselesaikan saat itu juga. Bila kamu pikir satu pekerjaan terlalu lama, uraikan menjadi beberapa bagian. Letakkan catatan kamu ditempat yang mudah untuk dilihat, sehingga senantiasa mengingatkan kamu.

Hindari teknologi sementara waktu

Kamu yang sulit menghindarkan diri dari telepon pintar atau perangkat gawai lainnya sebaiknya hindari ketika akhir pekan. Jauhkan diri kamu dari mengunggah foto, membuka email, dan hal lainnya. Kamu dapat memilih ngobrol santai dengan anggota keluarga, orang tua, anak, ataupun berkunjung ke saudara. Atau kegiatan lain seperti olahraga, merapikan kamar dan rumah, membaca, menulis, dan berlibur.

Atur waktu tidurmu

Mulai sekarang perbaiki waktu tidur kamu. Hal ini sangat serius dan merugikan buat kamu. Dari beberapa studi dan penelitian, kurang tidur tidak hanya membuat kelelahan, tapi dapat meningkatkan resiko sakit jantung, diabetes, serta obesitas.

Kesibukan rutinitas membuat kamu memilih akhir pekan untuk istirahat dan tidur sepuasnya. Alangkah baiknya hal ini tidak kamu jadikan kebiasaan. Hal yang dapat kamu lakukan untuk menghindari kebiasan tersebut seperti usahakan waktu tidur dan bangun kamu konsisten, lalu jangan biarkan smartphone dan laptop menunda tidur kamu.

Hindari untuk memaksakan diri secara berlebihan

Lakukan hal sewajarnya saja, jangan terlalu memaksakan diri kamu untuk melakukan semua pekerjaan rumah misalnya dalam satu hari. Hal ini akan membuat kamu sangat lelah dan bukannya bugar menyambut hari senin.

 

Sebaiknya tidak berpatokan pada apa yang ingin kamu lakukan. Namun, buatlah daftar prioritas dan lakukan yang menurut kamu paling utama terlebih dahulu. Bila kamu tetap produktif, kamu akan siap memulai senin dengan semangat dan energi baru.

Ayo sebar manfaat artikel ini dengan SHARE:

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.