Beranda » Entrepreneur » Mau Produk Kamu Diterima Retail Besar?

tips produk retail

Impian setiap pelaku usaha yaitu produknya dapat tampil pada retail besar. Tujuannya sangat jelas, retail besar jumlah pengunjung sangat banyak sehingga mampu melambungkan penjualan. Namun, tidak semua produk mampu diterima pada retail besar ini. Banyak hal yang perlu diperhatikan agar produk kamu mampu bersaing dan diterima retail besar seperti Alfamart, Indomaret, Lottemart, Giant, Carrefour, Transmart, dan lainnya.

Simak tips berikut ini:

  1. Tawaran Margin Yang Menarik

Sebelum menentukan margin produk kamu, alangkah baiknya perhitungkan harga eceran terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar persyaratan margin minimum telah sesuai yang ditetapkan retail. Pelajari retail yang akan kamu ajukan, serta biaya-biaya yang menjadi tanggungan retail tersebut seperti biaya simpan barang serta promosi.

  1. Lakukan Presentasi Langsung Kepada Klien

Klien yang dimaksud yaitu orang yang bertanggung jawab dalam menentukan produk kamu layak diterima dan dijual pada retail tersebut. Buat jadwal ketemu dan lakukan presentasi produkmu secara langsung. Bila produk kamu dinilai layak dan berpotensi mendatangkan pembeli, bukan hal yang sulit untuk langsung diterima.

  1. Produk Telah Tersertifikasi

Retail sangat memperhatikan keamanan produk yang akan dijual ke pembeli. Oleh sebab itu, pastikan produk bisnismu sudah tersertifikasi seperti SNI, Halal, BPOM, dan lembaga lainnya yang mengeluarkan sertifikasi terkait produk yang akan kamu jual. Hal ini akan menjamin mutu dan kualitas dari produk kamu sehingga meningkatkan kepercayaan pembeli bahwa produk yang kamu jual telah legal dan aman.

  1. Berikan Marketing Kit

Saat presentasi kepada calon klien, idealnya sertakan pula perangkat promosi pendukung lainnya. Perangkat pendukung tersebut dapat berupa company profile, katalog produk, penawaran harga, sampai draft untuk form pesanan produk dan perjanjian kerjasama. Sediakan beberapa marketing kit dalam satu map atau goodybag yang nantinya kamu berikan kepada masing-masing klien kamu.

  1. Paparkan Keunggulan Produk Kamu

Hal ini berguna untuk meyakinkan kepada retailer bahwa produk kamu layak untuk didistribusikan serta berpotensi laku untuk dijual. Jelaskan hasil penjualan kamu yang menunjukkan peningkatan dan yakinkan bahwa kamu bersedia untuk komitmen melakukan promosi. Sehingga retailer menganggap bahwa kamu serius untuk memperluas jaringan distribusi produk yang akan dijual, serta memperkecil kemungkinan retailer akan menimbun produk kamu apabila kurang laku.

  1. Kemasan Produk Yang Baik

Sesuatu yang kadang lupa diperhatikan yaitu kemasan pada produk yang akan dijual. Mungkin kamu beranggapan bahwa kemasan kurang begitu penting yang penting produknya ataupun sebaliknya. Produk dan kemasan menjadi hal yang saling menunjang agar calon pembeli dapat terkesan saat pertama kali melihat produk kamu. Jangan sampai pembeli merasa kecewa setelah mencoba produk kamu karena terkecoh desain yang sangat bagus.

Ayo sebar manfaat artikel ini dengan SHARE:

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.