Beranda » Entrepreneur » 10 Strategi Pemasaran Produk Baru Buat Kamu Yang Memulai Usaha

tips pemasaran produk

Ketika memutuskan untuk memulai bisnis, menjual produk menjadi primadona karena tidak memiliki modal tempat dan waktu yang terikat. Namun, masih banyak juga yang ragu-ragu untuk memilih berjualan produk karena memikirkan sulitnya untuk memasarkan produk tersebut apalagi produk baru. Dengan kemajuan teknologi dan semakin mudahnya mengakses informasi, yakinlah dengan ketekukan dan kerja keras kamu dapat memulai usaha jualan produk sendiri.

  1. Kenali Kondisi Pasar dan Target Pasar

Penting bagi para pelaku usaha mengenal pasar, yang berarti mengetahui manfaat produk yang akan dijual bagi calon konsumen. Selain itu, untuk mempelajari para pesaing yang kebetulan memilih untuk menjual produk atau jasa yang sama. Dari hasil pengamatan, kamu dapat menentukan keunggulan yang mampu ditonjolkan dari produk atau jasa yang kamu tawarkan dibandingkan pesaing. Target market yang spesifik perlu kamu tentukan, agar pemasaran lebih terarah. Seperti misalkan kalangan yang menggunakan produk kamu adalah berusia balita, anak-anak, atau dewasa, laki-laki atau perempuan, dan sebagainya.

  1. Buatlah Produk Kamu Berkualitas

Sebelum dipasarkan ada baiknya kamu memastikan produk atau jasa yang kamu tawarkan memiliki kualitas yang meyakinkan. Bila perlu kamu adakan semacam testing untuk mengetahui ketahanan, kekuatan, serta hal lain untuk membuktikan kualitas produk kamu. Hal ini bermanfaat untuk jangka panjang bila kualitas produk kamu terbukti, orang yang membeli akan merekomendasikan ke orang lain atau menjadi pelanggan tetap kamu.

  1. Kemasan Produk Yang Menarik

Selain produk yang berkualitas, kemasan dapat menjadi hal penting yang mampu menunjang larisnya produk kamu. Buatlah kemasan sesuai dengan kesan yang akan kamu tampilkan pada produk kamu sehingga akan lebih mudah diingat atau berkesan. Misalkan kamu membuat produk kripik pedas, kemasannya dapat dibuat dominan kuning dikombinasi warna merah yang memiliki pesan rasanya pedas.

  1. Menentukan Lokasi Pemasaran Yang Tepat

Setelah menentukan target market, kamu harus memikirkan lokasi yang tempat sesuai target market untuk melakukan pemasaran. Seperti misalkan target market kamu anak muda atau remaja, kamu dapat memasarkan produk dekat sekolah atau kampus yang ramai. Buatlah sebuah event promosi beserta atributnya seperti banner, poster, dan lainnya agar orang mengenali produk kamu.

  1. Sebarkan Promo

Teknik yang tepat untuk membuat produk yang kamu jual laris manis yaitu melakukan promo. Promo seperti beli 1 gratis 1, sale 50%, dan promo lainnya dapat menarik minat calon pembeli. Sebelum melakukan promo, sebaiknya kamu menghitung dengan cermat agar promo yang dijalankan tidak membuat kamu rugi. Tentukan harga dengan margin yang cukup dan tidak terlalu besar sehingga kamu dapat keuntungan dan produk laris manis.

  1. Open Reseller

Produk kamu akan semakin dikenal luas dengan membuat sistem reseller. Reseller akan membantu memasarkan produk kamu dengan catatan harga yang kamu tawarkan sedikit lebih murah dibanding harga normal. Dengan begitu mudah mencapai kesepakatan dengan calon reseller kamu.

  1. Maksimalkan Media Sosial

Media sosial menjadi perantara kamu untuk mengenalkan produk yang kamu jual. Selain itu berbagai fasilitas yang disediakan memudahkan kamu memasarkan produk dengan jangkauan yang sangat luas. Buat konten yang menarik, lakukan update secara berkala informasi produk atau foto produk kamu.

  1. Menjadi Sponsor Acara atau Kegiatan

Bagi kamu yang memiliki dana yang cukup untuk promosi. Dapat mencoba menjadi sponsor kegiatan sesuai dengan produk yang kamu tawarkan. Seperti contohnya kamu menawarkan produk seragam olahraga, kamu dapat menjadi sponsor kegiatan lomba futsal, bola, basket, atau badminton. Ketika kamu menyediakan seragam para kontestan lomba, orang akan melihat kostumnya yang ditempelkan nama perusahaan kamu. Namun, tidak menutup kemungkinan hanya bidang olahraga yang dapat kamu sponsori, bidang lain pun dapat dicoba.

  1. Tawaran Khusus Bagi Yang Merekomendasi ke Pelanggan Lainnya

Cobalah untuk menawarkan produk kamu dari orang terdekat seperti keluarga dan sahabat. Berikan tawaran menarik misalkan bila berhasil dapatkan pembeli sejumlah 5 orang, dapat produk secara gratis. Hal ini selain memacu semangat keluarga atau kerabat kamu untuk mendapatkan secara gratis, orang yang ditawarkan pun akan lebih mudah percaya karena direkomendasikan orang yang dikenalnya.

  1. Lakukan Kegiatan Bersifat Amal dan Sosial

Bangun kesan positif bisnis kamu dengan melakukan kegiatan amal dan membantu orang lain. Karena selain keuntungan yang kamu peroleh ada hak orang lain, juga memberikan efek positif kepada calon konsumen. Mereka akan beranggapan bisnis kamu peduli dan tanggap terhadap orang yang memiliki keterbatasan. Namun, jangan jadikan kegiatan amal ini untuk memperoleh keuntungan tapi niatkan untuk membantu sesama.

Ayo sebar manfaat artikel ini dengan SHARE:

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.