Beranda » Entrepreneur » Kiat Menghadapi Ledakan Konsumen Musim Liburan

tips ledakan pembeli

Musim liburan sekolah atau cuti bersama merupakan momen yang paling dinanti setiap masyarakat. Terutama liburan menjelang pergantian tahun. Tidak ketinggalan toko maupun e-commerce melakukan diskon besar-besaran diakhir tahun. Apalagi saat ini tren online “harbolnas” atau hari belanja online nasional menawarkan diskon secara besar-besaran dan penawaran menarik lainnya.

Setiap konsumen tentunya menginginkan barang idamannya sesuai dengan perkiraan dan tidak merasa kecewa. Namun, dengan banyaknya pilihan tentu konsumen bingung menentukan pilihan yang beragam. Karena seiring perkembangan teknologi, masyarakat atau konsumen saat ini memiliki rasa ingin tahu lebih, tuntutan yang banyak, dan lebih tidak sabar ketimbang karakter konsumen terdahulu. Oleh karena itu, berikut kiat-kiat yang dapat kamu pertimbangkan dalam menghadapi ledakan konsumen musim liburan.

  1. Berikan informasi secara cepat dan tentunya relevan

Kemudahan akses informasi melalui perangkat seluler memungkinkan mengakses informasi dengan cepat dan kapanpun dimanapun. Konsumen sangat memperhatikan informasi yang paling relevan dan sumber informasinya. Jadi, loyalitas calon konsumen kamu akan sangat memiliki ketergantungan terhadap kualitas informasi yang kamu tampilkan.

Biasanya konsumen akan membanding-bandingkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli, lebih menghemat waktu juga tidak mengunjungi toko satu ke toko yang lainnya. Ada tiga hal yang konsumen cari yaitu kemana harus pergi ketika mencari sesuatu, video untuk mengintip isi toko tanpa datang langsung, dan perbandingan merk sehingga ada alternatif bila ada produk yang lebih baik.

  1. Persiapan yang matang menjelang deadline

Hal yang dimaksud “deadline” disini diartikan sebagai hari saat terjadinya ledakan konsumen. Seperti pada saat hari lebaran, hari natal, dan lainnya. Orang tidak perlu membeli sesuatu jauh hari sebelumnya karena dapat membeli saat itu juga. Oleh karena itu, siapkan hal tersebut dengan baik mulai dari mencari alternatif ekspedisi atau jasa pengiriman barang yang buka saat hari besar atau libur. Siapkan juga customer service yang bisa standby saat kamu tidak dapat menghandle pesanan sewaktu libur lebaran atau hari besar.

  1. Yakinkan konsumen dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan

Saat ini konsumen sangat pemilih dan menginginkan produk atau jasa yang benar-benar terbaik. Mereka melakukan riset sehingga mengetahui betul kualitas suatu produk atau jasa karena tidak ingin rugi. Saat mereka sudah yakin dan percaya, barulah konsumen tersebut memutuskan untuk melakukan transaksi. Review dari konsumen yang pernah membeli produk atau menggunakan jasa kamu sangat berpengaruh. Selain itu, konsumen menginginkan alasan mereka memilih produk atau jasa yang kamu tawarkan. Video seperti unboxing atau penjelasan mengenai kelebihan produk atau jasa kamu sangat menarik minat calon pembeli.

Sediakan informasi secara detail dan relevan. Karena informasi tersebut menjadi kekuatan produk atau jasa kamu. Semakin banyak informasi yang kamu tampilkan, semakin kuat keinginan konsumen untuk memutuskan membeli produk atau jasa kamu. Buatlah informasi tersebut dengan ringkas, mudah dimengerti, ditampilkan secara cepat dan meyakinkan.

Ayo sebar manfaat artikel ini dengan SHARE:

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.