Beranda » Entrepreneur » 4 Kiat Cara Beriklan Efektif di Media Sosial

tips iklan efektif

Perkembangan teknologi menjadikan hidup sebagian besar orang lain mengalami perubahan. Bagaimana saling berinteraksi satu sama lain tanpa terbatas jarak, juga menjangkau pembeli dari luar negeri. Hingga membeli sesuatu tanpa beranjak dari tempat duduk.

Salah satu yang paling pesat perkembangannya yaitu media sosial. Media sosial merupakan tempat berinteraksi, menyampaikan curahan hati maupun keseharian, hingga beriklan produk atau jasa bisnis seseorang. Namun, apakah media sosial mampu bekerja efektif sesuai dengan bisnis yang kamu kelola? Berikut cara yang dapat kamu ketahui apakah media sosial memiliki peran efektif atau tidak.

Waktu yang tepat untuk berinteraksi dengan audiens

Ketahuilah waktu yang banyak digunakan audiens kamu untuk mengakses media sosial. Buat konten yang relevan mengikuti moment atau kejadian yang sedang tren saat itu. Manfaatkan momen yang terjadi sepanjang tahun yang menurut kamu relevan dan layak kamu bagikan ke audiens, sehingga kamu mendapatkan interaksi dan audiens mengenal bisnismu.

Kamu dapat memanfaatkan fitur Insights pada facebook dan instagram, kemudian Analitycs pada twitter. Fitur tersebut menampilkan data pengguna hari dan jam berapa sering menggunakan media sosial, sehingga kamu mampu menentukan kapan saat yang tepat membagikan postingan di lini masa.

Perkembangan pengikut

Pengikut merupakan salah satu indikator yang mampu menjadi tolak ukur kamu, apakah akun kamu bermanfaat bagi mereka atau tidak. Sebagus apapun konten yang kamu buat, bila pengikut kamu tidak bertambah hasilnya kurang maksimal. Bangun ketertarikan audiens untuk membagikan konten yang kamu posting. Sehingga kamu dapat memperoleh pengikut baru dari orang-orang yang membagikan postingan kamu. Cara melihat statistik audiens dapat kamu akses di tab insights pada facebook dan instagram, lalu analytics di twitter.

Pahami demografi audiens

Pelajari pengikut kamu dari hal usia, ketertarikan, jenis kelamin, kota asal, dan hal lainnya yang mampu membuat iklan kamu lebih tertarget. Buatlah konten yang mampu dipahami oleh pengikut kamu yang berusia cukup tua, lalu konten yang lebih dinamis dan segar bagi kalangan muda. Sehingga konten kamu tepat sasaran dan mendapatkan interaksi dari audiens.

Ketahui reaksi pengikut kamu

Mendapatkan interaksi atau respon dari audiens merupakan hal yang menyenangkan. Artinya konten atau postingan yang kamu bagikan bermanfaat dan disukai mereka. Bisa juga audiens kamu salah sasaran, coba untuk membagikannya disuatu komunitas atau kelompok yang sesuai dengan konten yang kamu buat. Lihat reaksi mereka. Bila interaksi audiens kamu anggap kurang, pelajari kembali dan perbaiki konten kamu agar lebih berkualitas lagi.

 

Walaupun media sosial mampu untuk digunakan segala jenis bisnis, namun kamu perlu memperhatikan tujuan kamu membuat iklan jualan. Sesuaikan dengan target pasar dan buat strategi yang jitu, sehingga iklan kamu dapat dilihat konsumen diwaktu yang tepat dan benar-benar membutuhkan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Ayo sebar manfaat artikel ini dengan SHARE:

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.