Beranda » Entrepreneur » 5 Cara Sederhana Agar Konsumen Menyukai Kamu

tips engagement sederhana

Setujukah kamu? Sehebat apapun produk atau jasa bisnis yang kamu tawarkan tidak akan berarti bila pelayanan yang kamu berikan ke konsumen cukup buruk.

Pelayanan terbaik adalah faktor yang sangat penting bagi bisnis atau perusahaan kamu. Banyak pelaku bisnis terkadang mengabaikan hal ini, mereka fokus membuat produk atau jasa mereka menjadi yang terdepan. Terlihat sepele, namun dampaknya sangat luar biasa.

Kamu yang baru menyadari hal ini segeralah bertobat, hehehe.

Bagaimana cara mendapat kesan yang baik kembali dari konsumen? Coba jalankan 5 cara sederhana berikut ini.

Utamakan Presentasi Produk/Jasa Kamu

Pernahkah kamu menemukan web online yang menjual produk biasa saja namun memperoleh tanggapan yang sangat antusias dari konsumen?

Jawaban adalah penjual tersebut memberi kesan sangat istimewa pada kemasan. Hal yang sederhana namun memberi pengalaman positif bagi para konsumen. Seperti cover pada buku yang tebal memberi kesan ekslusif dan unik. Kemasan coklat yang berwarna pink dan diberi pita untuk menambah kesan romantis.

Komunikasi Secara Offline

Berkomunikasi pada dasarnya dilakukan dengan penyampaian secara lisan maupun tulisan. Koneksi offline merupakan komunikasi yang akan terasa bijaksana dan meninggalkan kesan abadi bagi konsumen.

Bila kamu akan mengirimkan paket produk, cobalah memberi coretan kecil pada kertas yang berisi doa maupun ucapan terima kasih. Hal kecil dan sederhana ini mampu menciptakan komunikasi dengan konsumen. Dan jangan lupa untuk konfirmasi memastikan produk sudah sampai dengan keadaan baik.

Sesekali Tampilkan Wajah Kamu

Banyak perusahaan mungkin tidak menampakkan namanya, begitu juga seperti apa wajah pemilik perusahaan tersebut. Ketika kamu memunculkan wajah kamu ke konsumen, akan memberi kesan hangat dan ramah.

Kamu dapat mengirimkan video singkat saat ingin mengumumkan sesuatu atau berita penting. Ataupun saat berkomunikasi lewat email atau kursus online, ada baiknya mengucapkan secara pribadi. Sehingga konsumen merasa lebih terhubung dengan kamu.

Berikan Penghargaan

Pada dasarnya setiap orang suka disanjung dan menerima pujian. Sebaiknya kamu memperhatikan data pelanggan kamu. Kumpulkan informasi yang penting seperti nama dan nomor kontak.

Buatlah catatan penting dari informasi konsumen yang kamu temukan. Kamu dapat menilai konsumen loyal yang mampu memberi benefit terhadap bisnis kamu. Kamu tidak harus memberi tawaran produk gratis, kamu dapat memberi potongan harga pada pembelian berikutnya. Atau kalau kamu merasa konsumen tersebut sangat berharga kamu dapat memberi ucapan terima kasih dengan bingkisan produk yang disukainya.

Tetap Tenang

Ada kalanya bisnis menemui hambatan. Misalkan tidak semua senang dan menyukai kamu, bahkan tidak puas dengan produk/jasa bisnis yang kamu tawarkan.

Tetap tenang! Kamu tidak akan kehilangan konsumen melalui kritik yang pedas bahkan agresif sekalipun. Hadapi setiap kritik dengan kepala dingin, memberi balasan dengan cepat serta jawaban yang elegan.

Bersikap jujur dan peduli kepada setiap konsumen kamu. Konsumen akan memahami dan lebih menghormati kamu bila disampaikan dengan jujur.

Semoga bermanfaat, jangan lupa diterapkan dan tetap semangat ya !

Ayo sebar manfaat artikel ini dengan SHARE:

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.