Beranda » Entrepreneur » Gunakan 5 Skill Penting Seorang Content Marketing

tips content marketing

Saat ini Content Marketing merupakan sebuah industri yang sangat berkembang. Banyaknya penyedia jasa atau pelaku membuat tingkat persaingan sangat kompetitif. Setiap bisnis atau perusahaan berusaha untuk menyajikan sebuah konten yang menarik untuk memperoleh trafik pengunjung dalam jumlah banyak. Berbeda sebelum banyaknya pelaku marketing konten, dulu menulis saja sudah menjadi modal yang cukup. Tapi saat ini menulis saja belum cukup bila kurang bagus dan dapat menarik minat pengunjung.

Apabila dijabarkan berdasarkan makna dasarnya, content marketing merupakan pendekatan dalam melakukan pemasaran yang fokus dalam pembuatan konten berkualitas, relevan, bernilai, dan konsisten untuk mempertahankan trafik pengunjung.

Berikut 5 skill penting yang dimiliki seorang content marketing.

  1. Menulis dengan baik

Dalam menulis kamu harus memiliki kemampuan dasar seperti tata bahasa, tanda baca, serta kalimat baku menurut EYD. Selain itu, kamu juga dituntut agar mampu memilih tema tulisan yang relevan, gaya bahasa yang disesuaikan menurut pengunjung, penyederhanaan topik, penggunaan istilah yang tepat, membuat paragraf pembuka yang menarik, hingga menyusun paragraf penutup yang berkesan.

  1. Membuat judul yang baik

Dapat dipastikan judul adalah hal pertama dan utama yang akan membuat orang mengunjungi website atau konten kamu. Akan sangat disayangkan isi konten yang bagus namun tidak ada pengunjung akibat judul yang kurang menarik. Beberapa hal yang dapat dicoba dengan judul yang diawali dengan angka, kalimat mengajak atau kontroversi, dan cara lainnya.

  1. Tanggap akan pengalaman pengguna

Teknik penulisan konten yang baik dapat berlandaskan hal teknis seperti desain web, SEO, dan lainnya. Pemahaman tentang hal teknis tersebut memang sangat berguna, namun apabil hal teknis tersebut menjadi wajib maka jumlah penulis akan banyak berkurang. Hal penting yaitu kamu dapat menilai konten yang dibuat dapat sesuai dari sudut pandang pembaca.

  1. Pengetahuan yang cukup mendalam di suatu bidang

Beberapa penulis memiliki bakat dalam mempelajari sesuatu dengan cepat sehingga dapat menghasilkan konten seperti seorang ahli. Namun, penulis tersebut sangat jarang ditemukan. Umumnya, sebuah konten berkualitas dihasilkan oleh seseorang yang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang mendalam sesuai bidang yang ditulisnya.

  1. Memahami ilmu dasar pemasaran

Content marketing agak berbeda dengan pemasaran konvensional, namun tetap dalam bagian dari marketing. Selain pemahaman mengenai konten, unsur marketing seperti branding, analitik, UX/UI, dan lainnya juga perlu dipahami dasarnya. Ketika dasar marketing sudah dipahami, kamu dapat membuat sebuah konten berkualitas yang lebih strategis sesuai dengan tujuan pemasaran yang akan dicapai.

Penulis akan terus dibutuhkan, namun kondisi industri yang dinamis mengharuskan seorang content marketing beradaptasi dengan hal tersebut.

Ayo sebar manfaat artikel ini dengan SHARE:

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.