Beranda » Entrepreneur » 6 Hal Penting Membuat Konten di Instagram

tips content instagram

Konten merupakan aspek penting dalam sebuah media promosi. Tidak hanya media sosial facebook, twitter, pinterest, path, instagram juga menjadikan konten sebagai bahan utamanya. Khususnya instagram konten visual seperti foto atau video singkat menjadi hal yang paling utama. Konten pendukung lainnya seperti caption atau deskripsi merupakan bahan penunjang.

Berikut hal penting yang wajib diperhatikan dalam membuat konten instagram:

  1. Membuat visual yang unik dan kreatif

Apabila kamu menjadikan instagram sebagai salah satu media untuk jualan, kamu harus membuat konten yang bagus untuk meningkatkan penjualan kamu. Tidak hanya sekedar mengabadikan moment, tapi penyajian konten juga perlu memperhatikan aspek pendukung sehingga menghasilkan sesuatu yang unik dan menarik. Apabila foto produk kamu asal-asalan dan tidak berkualitas, orang hanya melewati postingan kamu saja ketika muncul di timeline. Perlu daya tarik agar memancing orang lain berhenti dan memperhatikan postingan kamu. Gunakan foto yang berkualitas, pencahayaan yang baik, komposisi, serta latar belakang yang bagus.

  1. Penggunaan caption yang tepat

Setelah berhenti pada postingan kamu, otomatis orang yang tertarik akan meng-klik foto kamu lalu membaca caption atau keterangan yang kamu sertakan. Berikan informasi yang relevan dari foto konten visual kamu, serta copywriting yang menarik bila postingan kamu berupa jualan. Buat penjelasan kamu mudah dipahami dan tidak terlalu panjang sehingga pesan dapat tersampaikan dengan baik.

  1. Posting secara rutin

Akun yang memiliki banyak pengikut selalu memberikan konten secara rutin setiap harinya. Ada yang posting dua atau tiga kali sehari. Postingannya berupa apa saja yang menjadi daya tarik akun tersebut. Misalkan untuk akun jualan, tidak melulu isinya hanya untuk jualan saja. Tetapi kamu dapat memberi tips seputar jualan kamu atau manfaat menggunakan produk atau jasa kamu. Selain itu untuk lebih meyakinkan pelanggan buatlah testimoni berupa foto atau video real pelanggan kamu.

  1. Hashtag pendukung

Awal mulanya hashtag populer kala orang ramai menggunakan twitter, namun saat ini facebook, path, instagram sudah sangat populer. Penggunaan hashtag bertujuan untuk menghemat waktu pengguna yang hanya sekedar mencari dengan kata kunci yang telah ditentukan. Sehingga saat memasukkan kata kunci misalkan #bajuanak yang muncul adalah konten yang relevan dan menggunakan hasgtag tersebut. Bila konten kamu disukai banyak pengikut dan komentar yang banyak, kemungkinan kamu akan ditampilkan sebagai konten populer dan mendatangkan banyak pembeli.

  1. Interaksi dengan audience

Salah satu yang membuat konten menjadi menarik yaitu adanya interaksi dengan audience atau pengunjung. Lakukan strategi untuk mendapatkan banyak pengikut, kemudian hal yang dapat kamu lakukan untuk melibatkan interaksi pengunjung seperti berikut:

  • Menjawab komentar pengunjung dengan cepat dan ramah
  • Follow akun populer yang kira-kira relevan dengan bisnis kamu
  • Seseorang akan sangat merasa tersanjung bila di-mention pada postingan kamu
  • Buatlah promo dan kuis berhadiah menarik bagi dengan syarat re-posting akun jualan kamu
Ayo sebar manfaat artikel ini dengan SHARE:

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.