Beranda » Entrepreneur » Ketahui 4 Penyebab Bisnis Online Kamu Sulit Berkembang

tips bisnis online

Pada era serba digital dan modernisasi saat ini, menjadikan bisnis online tumbuh begitu pesatnya. Peralihan dari yang biasanya belanja konvensional beralih menggunakan fasilitas yang sangat memanjakan konsumen dengan berbelanja online. Belanja online memberi kenyamanan konsumen dalam bertransaksi. Sangat praktis, cepat, dan tidak perlu buang waktu ke toko atau tempat jualan yang dimaksud.

Semua informasi yang dibutuhkan sangat mudah didapat, sehingga konsumen tinggal membandingkan produk yang sama dengan kelebihan atau fasilitas yang didapat. Sangat mudah bukan? Banyak yang beranggapan pebisnis online merupakan orang cerdas dan berwawasan luas. Karena para pelaku bisnis online kebanyakan menghabiskan waktu depan komputer atau laptop dengan membalas chat atau telepon konsumen. Namun, pada kenyataannya sebagian besar konglomerat dunia sukses melalui bisnis nyata dibanding dunia maya.

Memulai bisnis online tidak semudah yang dibayangkan. Perlu strategi yang tepat dan kesungguhan dalam menjalankannya. Karena faktor kesuksesan bergantung pada minat konsumen terhadap produk atau jasa bisnis yang ditawarkan.

Berikut beberapa faktor yang dapat menjadi evaluasi bisnis kamu mengapa sulit berkembang, produk atau jasa yang kamu tawarkan sepi konsumen.

  1. Kurang Memahami Trik Pemasaran Online

Begitu banyak trik dan ilmu pemasaran yang dibagikan secara luas baik melalui internet maupun seminar dan kursus. Tantangannya adalah kamu harus mengetahui teknik pemasaran yang pas dan dapat kamu terapkan pada produk atau jasa bisnismu. Misalnya dari pemilihan nama domain yang unik sesuai kata kunci bisnismu, hingga pengelolaan Search Engine Optimization (SEO) yang mampu mendatangkan traffic dengan menjadikan website kamu berada dihalaman utama pencarian google.

  1. Tampilan Halaman Penjualan Kurang Menarik

Tampilan merupakan hal utama dan pertama kali dilihat oleh calon konsumen. Oleh karena itu, sebisa mungkin buatlah tampilan halaman penjualan kamu menarik perhatian pengunjung sehingga betah berlama-lama melihat informasi website kamu. Selain itu, foto produk haruslah berkualitas dan gambar sebenarnya yang kamu jual. Kamu pasti tidak menginginkan testimoni negatif pelanggan yang kecewa karena produk kamu tidak sesuai foto yang dipasang.

  1. Kurang Memaksimalkan Pemasaran via Media Sosial

Sebagai pelaku bisnis online, kamu harus tanggap mengenai media sosial. Berikan informasi mengenai produk atau jasa bisnismu, melalui postingan secara rutin. Tampilkan manfaat serta keunggulan produk yang kamu tawarkan. Buat calon konsumen kamu percaya dan yakin bahwa produk kamu memang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Promosikan pula halaman website kamu agar pengunjung semakin ramai, sehingga kemungkinan website kamu mendapat perhatian mesin pencari dan menampilkan dihalaman utamanya.

  1. Kurangnya Kemitraan atau Relasi

Dalam menjalankan bisnis online, kamu perlu memperluas jaringan melalui kemitraan. Kamu dapat membuat sistem preorder atau reseller dengan memberikan harga khusus. Secara tidak langsung para reseller membantu memasarkan produk bisnismu karena berhubungan lansung dengan konsumen. Selain itu, produk kamu juga lebih dikenal luas konsumen. Hal yang kamu mesti perhatikan yaitu konsistensi kualitas produk kamu dan terus menjaga hubungan baik dengan para reseller.

Setelah mencoba atau telah mempraktekkan beberapa penyebab diatas namun usaha kamu masih sepi pengunjung, jangan patah semangat terus berinovasi dan tingkatkan kualitas produk kamu. Yakinkan lebih banyak konsumen dengan testimoni positif dan pelajari teknik promosi yang sedang berkembang. Tidak ada salahnya mengikuti seminar mengenai wirausaha atau pameran wirausaha. Kamu dapat bertemu para pelaku usaha dan berkenalan dengan mereka bertanya mengenai kiat-kiat usaha yang dilakukan. Tidak menutup kemungkinan bila bidang usaha kamu sama, kamu dapat berkolaborasi untuk menghasilkan produk bisnis yang lebih kreatif dan unik.

Ayo sebar manfaat artikel ini dengan SHARE:

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.