Beranda » Entrepreneur » 6 Cara Melawan Stres dan Lelah Awal Pendirian Usaha

kiat hadapi stres

Seorang atau beberapa orang yang memutuskan untuk membangun usaha akan sangat melelahkan. Banyak hal yang perlu diperhatikan seperti perencanaan bisnis, penyusunan operasional, alokasi pendanaan, teknik pemasaran, dan masih banyak lagi. Hal tersebut dapat membuatmu stres.

Semua hal tersebut akan sangat mempengaruhi mental kamu karena kenyataannya membangun perusahaan berkaitan dengan impian serta passionmu. Gagal ataupun sukses akan mempengaruhi sisi emosional ataupun personalmu. Untuk menekan rasa lelah dan stres kamu dapat melakukan hal berikut.

  1. Berikan pemahaman ke keluarga dan teman-temanmu

Ceritakan secara meyakinkan kepada keluarga dan teman-temanmu mengenai apa yang kamu kerjakan, jam kerja yang kamu perlukan, produk atau jasa yang kamu jual, serta alasan kamu melakukan atau memilih bisnis ataupun usaha tersebut. Apabila keluarga dan temanmu dapat memahami hal tersebut, kamu akan mendapat dukungan penuh serta menjaga semangatmu.

  1. Berikan jeda waktu untuk istirahat

Saat memulai usaha, terkadang dengan semangat penuh terkadang jadwal istirahat sering terganggu. Dalam sehari waktu 24 jam harus digunakan untuk istirahat agar kamu tetap fit dan kondisi tubuhmu selalu prima. Sebaiknya buat jadwal ataupun rencana harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan. Bukan berarti tiap tahun atau tiap bulan kamu merencanakan liburan, waktu istirahat dimaksudkan agar kamu sama sekali tidak memikirkan mengenai kerjaan dan lakukan hobi kamu ataupun tidur yang cukup.

  1. Mendekati komunitas positif sesuai bidang usahamu

Kamu dapat memperoleh inspirasi ataupun ide masukan dari orang-orang yang sesuai bidang usahamu. Dari komunitas, kamu dapat belajar banyak dan saling diskusi untuk meningkatkan kualitas produk atau jasa bisnismu. Rekan-rekan komunitas akan terus menyemangatimu dan kamu akan merasa perjuanganmu tidak sendirian.

  1. Merancang proses operasional

Hal penting lainnya agar bisnismu lebih stabil yaitu perancangan operasional yang maksimal. Karena membangun bisnis lebih dari merancang produk. Kamu harus menyediakan SOP yang baku untuk hal sifatnya berulang. Seperti pengiriman email ataupun balas email, template pemesanan produk, dan pembuatan konten untuk website dan blog. Hal ini sangat bermanfaat untuk mendelegasikan pekerjaan ke orang yang kamu percaya sehingga kamu dapat fokus ke hal lain.

  1. Buat catatan kegiatan secara detail

Terkadang ide muncul secara tiba-tiba, saat kamu memiliki ide atau pemikiran mengenai bisnis atau perusahaanmu langsung catat melalui note atau telepon seluler. Selain itu, memikirkan banyak hal dapat membuatmu tertekan maka sebaiknya catatlah hal penting dari pemikiran kamu tersebut. Catatan penting seperti detail rencana anggaran, pengeluaran, ongkos produksi, pemasaran, kontak dan daftar klien.

  1. Berani mengatakan “tidak”

Sebagai usaha pemula, kamu ingin menerima semua order dari klien. Entah dengan alasan untuk cepat mengembalikan modal usaha atau semangat yang tinggi. Akan tetapi, perlu kamu ketahui batas kemampuan dan sumber daya yang dapat mendukung bisnismu. Beranikan untuk menolak tawaran walaupun dengan nilai tinggi, kalau kamu tetap memaksakan hasilnya kurang maksimal dan akan mengecewakan klien kamu.

Semua hal tersebut harus kamu lakukan dengan teratur dan buat daftar kerja harian sehingga kamu mengetahui apa yang akan kamu lakukan setiap hari.

Ayo sebar manfaat artikel ini dengan SHARE:

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.